Senin, 26 Februari 2024

Mengapa Oli Bekas Pemakaian Warnanya Hitam? Ini Sebabnya

Dani Agus
Jumat, 8 Desember 2023 16:33:00
Ilustrasi ganti oli mesin motor (Murianews/Dani Agus)

Murianews, Kudus – Oli mesin memiliki fungsi penting dalam sepeda motor. Untuk itu, pemilik motor dianjurkan untuk rajin mengganti oli secara berkala.

Meski demikian, masih banyak orang yang abai untuk mengganti oli secara rutin. Bahkan, ada yang sampai oli mesinnya habis.

Akibatnya, motornya bisa mengalami kerusakan yang parah sehingga butuh biaya cukup banyak untuk memperbaikinya. Padahan, untuk ganti oli biayanya jauh lebih murah. Oleh sebab itu, jangan sampai kehabisan oli motor karena bisa merusak komponen mesin.

Soal oli mesin ini masih banyak orang yang bertanya. Yakni, masalah warna oli bekas pemakaian yang jadi hitam. Seperti kita ketahui, oli mesin yang masih baru biasanya memiliki warna bening kecoklatan.

Tahukah Anda mengapa oli yang sudah lama dipakai menjadi hitam? Berikut penjelasannya, dilansir dari Federaloil, Sabtu (8/12/2023).

Mesin yang sudah berisi cairan oli akan menimbulkan panas saat dinyalakan. Proses pembakaran dan gesekan antar logam yang ada di dalam mesin membuatnya panas.

Dalam jangka lama, panas dan gesekan itu membuat oli berubah warna dari kuning kecoklatan menjadi hitam. Perubahan warna oli yang menjadi hitam pekat hal tersebut menandakan oli mampu bekerja secara maksimal.

Tak hanya membersihkan bagian mesin ke celah terkecil, oli juga bisa mendinginkan mesin. Oleh sebab itu, jangan malas ganti oli secara rutin.

Komentar