Senin, 26 Februari 2024

Ini Bagian Sepeda Motor yang Rentan Berkarat di Musim Hujan

Dani Agus
Jumat, 8 Desember 2023 16:46:00
Ilustrasi cek rantai motor. (freepik.com)

Murianews, Kudus – Sejak beberapa pekan lalu, intesitas hujan sudah mulai meningkat. Bahkan di beberapa daerah dikabarkan sudah dilanda banjir akibat tingginya curah hujan.

Nah, bagi pemilik sepeda motor harus lebih perhatian pada kendaraan kesayangan kala musim hujan seperti sekarang. Pasalnya, saat musim hujan, ada beberapa komponen pada motor yang rentan berkarat.

Air hujan akan mudah menimbulkan karat, karena mengandung zat asam. Sehingga jika motor yang terkena hujan lama dibiarkan akan mudah berkarat.

Mengutip Federaloil dari detik.com, Jumat (8/12/2023), setidaknya ada lima bagian pada motor yang mudah karatan saat jika terkena air hujan, berikut komponen tersebut.

1. Swingarm atau lengan ayun

Lengan ayun rawan terkena cipratan air hujan dan lumpur karena letaknya di bawah. Jika tidak segera dibersihkan setelah terkena hujan, karat berpotensi menyerang bagian sambungan lengan ayun dan bushing.

2. Dudukan Shockbreaker

Dudukan shockbreaker belakang atau link pada motor sport seperti juga rawan terkena karat. Dudukan monosok ini bahkan posisinya lebih rendah dibanding lengan ayun, jadi bisa langsung terkena cipratan air hujan dan lumpur.

3. Rangka

Rangka motor rawan terkena karat, khususnya pada bagian sambungan (las-lasan) dan bagian yang sulit dijangkau. Jika sisa air hujan dan lumpur mengendap di bagian ini, tinggal tunggu waktu sampai terkena korosi.

4. Knalpot

Leher knalpot motor rentan terkena karat, karena sering terkena cipratan air dari roda depan yang berputar. Terlebih pada motor jenis naked bike, biasanya leher knalpot terekspos jelas tanpa cover, maka saat di musim hujan bagian itu biasanya cepat kotor.

5. Rantai

Rantai motor, apalagi yang tidak diberi pelindung (cover) juga gampang terkena karat akibat air hujan. Jika sudah terserang karat, rantai motor jadi berisik dan membuat tarikan jadi lebih berat.

Cara mencegah timbulnya karat

Mudah saja, yang penting Anda harus rajin-rajin mencuci motor setelah terkena air hujan.

Komentar