Senin, 26 Februari 2024

Ketahui, Ini Bedanya Speaker Mobil 2 Ohm, 4 Ohm hingga 8 Ohm

Dani Agus
Senin, 4 Desember 2023 22:40:00
Ilustrasi speaker mobil (Luke Miller/Pexels.com)

Murianews, Kudus – Tak sekadar pelengkap, audio mobil kini merupakan kebutuhan bagi banyak orang. Tak hanya performa kendaraan, keberadaan audio mobil bisa menambah kenyamanan saat dipakai berkendara.

Adanya audio membuat suasana di dalam kendaraan menjadi lebih santai. Pasalnya, sepanjang perjalanan bisa mendengarkan musik hingga ceramah keagamaan.

Mengingat manfaat yang didapat maka banyak orang menginginkan memasang sistem audio terbaik di dalam kendaraannya. Salah satu komponen audio yang mendapat perhatian utama pemilik mobil adalah speaker.

Keberadaan speaker mobil dapat membantu memberikan hiburan bagi mereka yang lelah menyetir mobil seharian. Oleh sebab itu banyak dari pengendara yang memilih mengganti audio speaker bawaan dari mobilnya dengan merek yang lain.

Pasalnya, audio standar memang memiliki kualitas yang kurang menggelegar bagi mereka yang senang mendengarkan musik.

Di pasaran sendiri speaker mobil dibagi berdasarkan impedansi atau besaran ohm yang dimiliki. Lantas untuk yang menghasilkan audio terbaik dibutuhkan speaker mobil berapa ohm? Berikut penjelasannya, dilansir dari laman Daihatsu, Senin (4/12/2023).

Perbedaan Speaker 2 Ohm, 4 Ohm, Hingga 8 Ohm

Seperti dijelaskan, kualitas audio yang dihasilkan speaker bergantung pada impedansi atau besaran ohm yang dimiliki. Di dalam dunia kelistrikan, impedansi merupakan resistansi yang dimiliki speaker terhadap arus bolak balik yang dihasilkan amplifier.

Ketika amplifier mengirimkan sinyal listrik ke speaker, maka amplifier akan melawan hambatan yang diberikan oleh kumparan audio speaker. Kondisi tersebut akan menghasilkan medan magnet yang melawan arus listrik atau lebih dikenal dengan istilah reaktansi. Kondisi tersebut merupakan faktor utama penentu impedansi speaker.

Impedansi sendiri memiliki nilai ukur yang diukur melalui satuan ohm. Apabila nilai impedansi yang dimiliki speaker mobil tinggi, maka resistansi listrik dari speaker terhadap audio yang dihasilkan amplifier semakin besar.

Di pasaran sendiri, impedansi speaker mobil terbagi atas beberapa jenis, yakni mulai dari 2 ohm, 4 ohm, hingga 8 ohm. Setiap impedansi tersebut menghasilkan audio yang berbeda. Agar Anda lebih memahami speaker mobil manakah yang pas dengan selera Anda, maka Anda perlu mengetahui perbedaannya sebagai berikut.

Speaker 2 ohm

Berikut beberapa aspek yang menjadi perbedaan antara speaker 2 ohm dengan speaker 4 ohm, dan 8 ohm.

Impedansi

Speaker 2 ohm memiliki impedansi lebih rendah dibandingkan speaker 4 ohm, dan 8 ohm sehingga resistansi listrik yang dihasilkan juga lebih rendah dibandingkan jenis lainnya. Alhasil beban kerja amplifier menjadi lebih rendah.

Daya

Speaker 2 ohm menggunakan lebih banyak daya dibandingkan speaker 4 ohm, dan 8 ohm.

Suara

Suara yang dihasilkan oleh speaker 2 ohm lebih kencang dan keras dibandingkan speaker 4 ohm dan 8 ohm sehingga suara bass terdengar lebih tebal. Namun, kualitas suara yang dihasilkan buruk dan kurang jernih.

Fungsi

Speaker 2 ohm, biasanya cocok untuk speaker mobil sama dengan speaker 4 ohm.

Kompatibilitas

Speaker 2 ohm membutuhkan bantuan perangkat penggerak (amplifier atau receiver) khusus yang dirancang untuk mengatasi kendala impedansi yang lebih rendah.

Speaker 4 ohm

Berikut beberapa aspek yang menjadi perbedaan antara speaker 4 ohm dengan jenis lainnya.

Impedansi

Speaker 4 ohm memiliki impedansi lebih rendah dibandingkan speaker 8 ohm dan lebih tinggi dari speaker 2 ohm.

Daya

Speaker 4 ohm menggunakan lebih banyak daya dibandingkan speaker 8 ohm.

Suara

Suara yang dihasilkan oleh speaker 4 ohm lebih kencang dan ngebass dibandingkan speaker 8 ohm. Namun, kualitas suara yang dihasilkan tidak sejernih speaker 8 ohm.

Fungsi

Speaker 4 ohm, biasanya cocok untuk speaker mobil sama dengan speaker 2 ohm.

Kompatibilitas

Sama seperti speaker 2 ohm.

Speaker 8 ohm

Berikut perbedaan antara speaker 8 ohm dengan speaker 2 ohm dan 4 ohm.

Impedansi

Impedansi lebih tinggi dibandingkan speaker 2 ohm dan 4 ohm sehingga beban amplifier lebih berat.

Daya

Lebih ringan dibandingkan kedua jenis sebelumnya.

Suara

Suara sangat jernih namun sedikit kurang ngebass dan kencang dibandingkan speaker 2 ohm dan 4 ohm.

Fungsi

Lebih cocok untuk home speaker.

Kompatibilitas

Lebih kompatibel dibandingkan speaker 2 ohm dan 4 ohm.

Kesimpulan dari ulasan di atas, sebaiknya gunakan speaker 8 ohm jika ingin mendapatkan kualitas suara yang lebih jernih dan tajam. Namun, jika Anda ingin mendapatkan kualitas suara yang lebih ngebass namun tidak terlalu buruk, pilihlah speaker 4 ohm.

Komentar