Senin, 26 Februari 2024

Tips agar Motor Matik Lebih Irit Bahan Bakar, Coba Saja

Dani Agus
Rabu, 18 Oktober 2023 15:06:00
Foto: Ilustrasi naik motor matik (freepik.com)

Murianews, Kudus – Kehadiran motor matik atau transmisi otomatis di Indonesia sejak beberapa tahun lalu mendapat sambutan positif dari pasar. Indikasinya, pengguna motir matik ini terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Motor jenis ini memang menjawab kebutuhan pengendara karena kenyamanan dan kemudahan dalam penggunaan. Tak heran jika motor matik akhirnya menjadi pilihan banyak orang, dari anak muda hingga orang tua.

Pengguna motor matik tak hanya didominasi wanita. Saat ini, banyak pria yang memilih motor matik untuk menunjang aktivitas rutin sehari-hari.

Walau menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam berkendara, pemilik motor matik harus selalu menjaga kondisi motornya agar awet. Hal ini guna menghindari masalah yang bisa muncul saat berkendara.

Salah satu keluhan yang muncul dari pengendara matik adalah lebih borosnya penggunaan bahan bakar. Benarkah demikian?

Melansir dari Federaloil, Rabu (18/10/2023), sepeda motor matik mampu memberikan kenyamanan lebih bagi pengendara sepeda motor. Namun kenyamanan ini juga dibayar dengan bahan bakar yang digunakan.

Faktanya, sepeda motor matik membutuhkan bensin lebih banyak dibandingkan sepeda motor manual. Meskipun begitu, borosnya bahan bakar pada sepeda motor bermesin matik sendiri biasanya terjadi karena adanya kesalahan pengguna.

Kesalahannya pun beragam, bisa dari salahnya cara berkendara ataupun ketika si pengguna mereka melakukan perawatan.

Motor matik membutuhkan lebih banyak bahan bakar karena terlalu banyak gear yang terpasang. Pada motor transmisi manual, gear/kecepatannya bisa diatur dengan perseneling dan hal ini bisa menghemat bensin lebih maksimal.

Pada motor matik tidak bisa dilakukan, meski sebenarnya kebanyakan motor matik sudah menerapkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Nah, cara menghemat bensin motor matik ini akan membantunya. Berikut cara menghemat bensin motor matik dari berbagai sumber.

1. Ganti Oli Berkala

Ganti oli jangan sampai terlewatkan, pastikan ganti oli sesuai dengan arahan mekanik.

2. Gunakan Velg Sesuai Ukuran

Ukuran diameter pelek akan mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Memerhatikan ukurannya termasuk cara hemat bensin motor matik.

Kebanyakan motor matik menggunakan pelek roda berdiameter 14 inci. Kemudian banyak yang memodifikasi dan menggantinya dengan ukuran 17 inci. Modifikasi pelek motor inilah yang membuat penggunaan bensin motor lebih boros.

Motor matik dengan pelek 14 inci mampu melaju hingga jarak 37.5 km/liter.  Motor matik dengan pelek berdiameter 17 inci hanya mampu menempuh jarak 35.9 km/liter.

3. Cek Selalu Komponen Pengapian

Perhatikan komponen pengapian juga termasuk cara hemat bensin motor matik. Apalagi jika motor matik yang digunakan masih menggunakan karburator.

Lakukan perawatan komponen pengapian secara berkala. Hal ini juga untuk mengantisipasi pengapian bermasalah, karena pengapian yang bermasalah akan mempengaruhi aktivitas pembakaran bensin. Semakin baik kondisi pengapian maka menggunakan bahan bakar akan semakin efisien.

4. Periksa Tekanan Angin pada Ban

Tekanan udara ban harus diperhatikan secara berkala. Cara hemat bensin motor matik ini sangat mempengaruhi kerja mesin.

Tekanan udara ban yang kurang akan membuat mesin bekerja lebih keras untuk memutarnya. Pastikan mengecek tekanan ban minimal satu minggu sekali untuk menghindari penggunaan bahan bakar berlebihan. Tekanan ban motor depan idealnya harus 29 psi dan ban motor belakang 33 psi.

5. Cek kondisi kelistrikan

Kelistrikan pada motor matik harus lebih diperhatikan. Apalagi untuk motor matik yang menggunakan sistem injeksi. Cara hemat bensin motor matik ini sangat berpengaruh dengan kelistrikan mesin yang terjadi.

Ketika sistem kelistrikan mengalami gangguan, dampak konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih banyak. Proses pengecekan ini bisa dimulai dari kondisi aki. Lalu pemeriksaan soket dan kondisi kabel.

6. Penggunaan Bahan Bakar

Jenis bahan bakar harus diperhatikan sebagai cara hemat bensin motor matik. Coba gunakan bahan bakar oktan tinggi, meskipun harganya lebih mahal tetapi pembakarannya lebih sempurna.

Jika dibandingkan dengan bahan bakar beroktan rendah, justru pembakaran sempurna membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Bahkan bahan bakar beroktan tinggi ini masih bisa membersihkan karbon sisa pembakaran dan sisa karbonnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan bahan bakar beroktan rendah.

7. Rutin Bersihkan Filter

Membersihkan filter udara berkala termasuk cara hemat bensin motor matik. Filter yang kotor, jarang dibersihkan, dan tidak pernah diganti akan berdampak buruk pada ruang bakar mesin.

Jika ruang bakar kotor maka udara akan menjadi tersumbatnya ketika memasuki sistem saluran intake. Pada kondisi ini akan banyak bahan bakar yang akan terbuang sia-sia

Cobalah untuk membersihkannya secara teratur untuk menghindari penyumbatan udara. Pengguna motor matik disarankan melakukan pergantian filter udara setiap 15.000 km agar suplai udara pembakaran bisa lebih maksimal.

8. Selalu Servis Rutin

Melakukan servis motor secara rutin termasuk cara hemat bensin motor matik.  Lakukan servis secara berkala agar performa motor biar tetap prima.

Misalnya gangguan pada motor seperti flek ruang mesin dan terdapat komponen yang rusak. Hal ini membuat beban tambahan dan berimbas pada konsumsi bahan bakar. Bahan bakar akan lebih banyak dibutuhkan pada kondisi mesin yang seperti ini.

Komentar