Senin, 26 Februari 2024

Begini Cara Mencegah Bodi Motor Tidak Cepat Kusam

Dani Agus
Sabtu, 7 Oktober 2023 20:18:00
Ilustrasi merawat bodi motor. (freepik.com)

Murianews, Kudus – Perawatan sepeda motor adalah hal yang wajib dilakukan performa kendaraan selalu prima. Namun, perawatan ini hendaknya jangan seputar mesin dan komponen lainnya.

Ada baiknya, pemilik kendaraan juga memperhatikan penampilan bodi motornya. Pasalnya, penampilan motor yang bersih juga membikin nyaman saat dikendarai.

Meski demikian, selama ini masih banyak pemilik motor yang abai merawat bodi motornya. Padahal, cara merawat bodi motor ini mudah dilakukan dan tidak perlu waktu lama. Artinya, bisa dilakukan sendiri di rumah ketika ada waktu luang.

Melansir dari Federaloil, Sabtu (7/10/2023), beberapa komponen panel sepeda motor yang berbahan bahan plastik yang dicat, memang harus mendapatkan perawatan khusus supaya tetap memancarkan warnanya.

Salah satu penyebab cat berubah menjadi kusam adalah karena memang usia pemakaian  yang memang bisa membuat warna pudar atau terkena oksidasi.

warna pudar pada bodi sepeda motor disebabkan oleh sepeda motor kamu sering terkena sinar matahari dan sinar ultraviolet (UV).

Masalah ini kebanyakan timbul di bagian bodi yang disebut kulit jeruk atau bodi yang bertekstur kasar. Umumnya, bagian bodi yang terkena sinar matahari dan rentan kusam adalah bagian dek, dasbor, pijakan kaki, dan spakbor belakang.

Lantas bagaimana cara supaya bodi motor tidak cepat kusam? Berikut triknya.

1. Hindari parkir dibawah sinar matahari langsung

Saat parkir di tempat parkir di luar ruangan, hindari parkir yang tempatnya terlalu terik, cari tempat parkir yang teduh. Jika memang tidak ada tempat yang teduh, baiknya menggunakan penutup motor. Sinar matahari mengandung ultraviolet. Dalam jangka waktu tertentu, ini bisa merusak lapisan cat motor

2. Sering dicuci

Meski tidak musim hujan sering-seringlah mencuci motor, karena debu yang menempel di bodi motor jika lama tidak dibersihkan akan mengerak dan bisa merusak cat motor.

3. Hindari menggunakan deterjen saat mencuci sendiri

Jika mencuci motor sendiri jangan menggunakan sabun deterjen, karena bisa memudarkan warna cat bodi motor. Kalau memang harus pakai sabun, pakai sabun khusus untuk mencuci motor. Hindari sabun yang mempunyai kandungan yang dapat merusak lapisan cat motor.

4. Rajin dipoles

Dengan rajin memberikan wax dan poles, Anda bisa merawat sendiri kendaraan dengan wax dan cairan poles. Cairan ini bentuknya menyerupai gel dan bisa digunakan untuk melapisi dan melindungi body motor

5. Gunakan stiker

Anda bisa memasang skotlet atau stiker transparan untuk melindungi lapisan cat motor agar tetap awet. Langkah ini cukup efektif untuk melapisi bodi motor agar terhindar dari goresan halus dan mudah kusam akibat sinar terik matahari.

Komentar