Senin, 26 Februari 2024

Sering Diabaikan, Ini Fungsi Reflektor Mata Kucing Sepeda Motor

Dani Agus
Kamis, 5 Oktober 2023 12:38:00
Ilustrasi reflektor mata kucing sepeda motor. (gridoto.com)

Murianews, Kudus – Ada beberapa komponen pada sepeda motor yang biasanya dianggap sepele. Padahal, komponen ini memiliki fungsi cukup penting.

Salah satunya adalah reflektor mata kucing. Komponen ini sering diabaikan padahal penting untuk keselamatan di malam hari.

Penempata reflector mata kucing ini beragam. Yakni, bisa di bagian depan, belakang dan samping sepeda motor. Reflektor mata kucing ini biasanya terbuat dari bahan retro reflektif khusus yang memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya secara efisien.

Dengan meningkatkan visibilitas sepeda motor, reflektor ini dapat membantu mencegah kecelakaan dan melindungi pengendara serta pengguna jalan lainnya.

Reflektor mata kucing adalah salah satu cara sederhana untuk berkontribusi dalam menjaga keselamatan di jalan raya, terutama di malam hari.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat reflektor mata kucing di sepeda motor, dilansir dari Federaloil, Kamis (5/10/2023):

1. Peningkatan Visibilitas

Salah satu manfaat utama reflektor mata kucing adalah meningkatkan visibilitas sepeda motor di malam hari.  Dengan adanya reflektor ini, kendaraan akan lebih terlihat oleh pengemudi lain, baik kendaraan bermotor maupun pejalan kaki.

2. Pencegahan Kecelakaan

Kecelakaan di malam hari sering kali terjadi karena pengemudi tidak dapat melihat kendaraan lain dengan jelas. Reflektor mata kucing dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan dengan membuat sepeda motor lebih terlihat.

3. Kepatuhan Hukum

Di banyak negara, penggunaan reflektor mata kucing di sepeda motor diwajibkan oleh hukum. Kepatuhan terhadap peraturan ini tidak hanya akan mengurangi risiko kecelakaan tetapi juga dapat menghindari sanksi hukum.

4. Penghematan Biaya

Meskipun memasang reflektor mata kucing mungkin memerlukan biaya awal, hal ini dapat menghemat biaya jangka panjang dengan mengurangi risiko kecelakaan dan kerusakan kendaraan yang mungkin terjadi karena kurangnya visibilitas.

Komentar