Senin, 26 Februari 2024

Ini Cara Merawat Jaket setelah Berkendara, Jangan Asal ya

Dani Agus
Selasa, 12 September 2023 15:14:00
Ilustrasi jaket (freepik.com)

Murianews, Kudus – Jaket adalah perlengkapan yang banyak dipakai pengendara motor agar nyaman berkendara. Ya, dalam berkendara jaket merupakan kebutuhan penting yang wajib digunakan.

Pemakaian jaket terutama sangat diperlukan ketika hendak melakukan touring jarak jauh. Dengan mamakai jaket setidaknya bisa melindungi tubuh dari angin yang bisa berdampak pada kesehatan.

Jaket merupakan salah satu perlengkapan safety riding yang posisinya hampir sama dengan helm dan aksesori keselamatan lainnya. Selain menahan sergapan angin selama berkendara, jaket pun berguna untuk melindungi tubuh saat terjadi kecelakaan.

Namun, dalam memilik jaket ini sebaiknya jangan asal. Selain memperhatikan model dan ukuran, Anda pun wajib memperhatikan bahan jaket yang digunakan.

Kemudian, perawatan terhadap jaket juga perlu dilakukan, terutama setelah dipakai berkendara. Hal ini masih banyak diabaikan para pengendara.

Jaket, seperti pakaian lainnya, pasti perlu dicuci secara berkala agar tetap bersih.

Berikut ini cara merawat jaket setelah dipakai supaya tidak bau dan tetap awet, dilansir dari Federaloil, Selasa (12/9/2023).

1. Ikuti instruksi sesuai label

Label di bagian belakang jaket berisi semua informasi yang dibutuhkan tentang jaket, mulai dari detail bahan hingga petunjuk pencucian. Jaket motor tersedia dalam berbagai bahan, jadi petunjuk pencucian adalah kunci untuk membuat jaket lebih tahan lama.

2. Keluarkan pelindung (protector)

Jaket untuk riding biasanya memiliki bagian pelindung, seperti di bahu, siku, dan punggung. Sebelum mencuci, lepaskan lapisan pelindung agar tidak merusak bagian samping jaket selama proses pencucian.

3. Perawatan yang lebih detail

Untuk menghilangkan bagian yang kotor, Anda bisa menyikat bagian yang kotor tersebut sebelum mencuci jaket. Gunakan sikat lembut dengan sabun cuci yang dilarutkan dalam air. Jika jaket terbuat dari bahan kulit, hindari membersihkan dengan sikat, cukup bersihkan dengan kain microfiber. 

4. Cuci dengan tangan

Mencuci dengan menggunakan tangan adalah cara paling aman untuk menjaga keawetan jaket, apalagi jika terbuat dari bahan kulit. Namun untuk alasan kepraktisan, penggunaan mesin cuci pada jaket non kulit tetap diperbolehkan.

5. Keringkan dengan cara digantung

Setelah dicuci, gantung jaket dengan gantungan agar tetap terjaga. Namun perlu diperhatikan agar tidak terkena sinar matahari langsung. Anda dapat menyimpan jaket pada suhu ruangan dan di tempat yang berventilasi baik. Untuk mempercepat waktu pengeringan, bisa menggunakan kipas angin.

6. Kondisi penyimpanan

Sebelum disimpan, pastikan jaket benar-benar kering untuk mencegah adanya jamur karena jaket masih lembab. Simpan jaket pada suhu ruangan dengan menggunakan gantungan yang kokoh agar mantel tetap di tempatnya. Untuk pemakaian lebih lama, jangan lipat jaket dan pilih tempat penyimpanan yang jauh dari sinar matahari langsung.

Komentar