Senin, 26 Februari 2024

Ramai Garansi Seumur Hidup, Segini Umur Baterai Mobil Listrik

Ali Muntoha
Kamis, 7 Desember 2023 22:18:00
Ilustrasi: Mobil listrik Wuling Air Ev tengah diisi daya. (Istimewa/Wuling)

Murianews, Jakarta – Brand mobil listrik kini ramai-ramai memberikan garansi seumur hidup untuk produknya. Salah satu item yang menjadi garansi adalah baterai mobil listrik.

Setidaknya dua brand mobil listrik telah memulai menawarkan garansi seumur hidup untuk baterai ini. Yang pertama adalah Wuling untuk mobil listrik terbarunya yakni Wuling BinguoEV.

Kemudian pendatang baru dari China, mobil listrik Neta V juga mendapat garansi seumur hidup. Meskipun garansi seumur hidup ini hanya berlaku bagi dua ribu pembeli pertama mobil-mobil listrik ini.

Meski demikian, garansi seumur hidup untuk baterai ini menjadi jawaban bagi kekhawatiran terkait usia baterai mobil listrik. Pasalnya, harga baterai mobil listrik tidaklah murah.

Dikabarkan harga baterai mobil listrik mencapai 60 persen dari harga mobil listrik itu sendiri, sehingga boros kalau harus sering ganti.

Lalu seberapa tahan dan berapa lama umur baterai mobil listrik?

Dikutip Murianews.com dari laman resmi Wuling Indonesia, usia dan ketahanan baterai mobil listrik bervariasi tergantung pada jenis baterai dan pengaturan kendaraan.

Secara umum, rata-rata usia baterai mobil listrik berkisar antara 10-15 tahun atau sekitar 200 ribu kilometer.

Usia baterai listrik juga tergantung pada jenis baterai yang digunakan. Baterai lithium-ion umumnya banyak digunakan dalam mobil listrik. Baterai ini akan mengalami siklus pengosongan saat digunakan dan diisi daya saat terhubung dengan pengisi daya listrik.

Ketahanan mobil listrik juga dapat dipengaruhi oleh suhu. Suhu yang terlalu tinggi cenderung mengurangi masa pakai baterai mobil listrik dengan lebih cepat.

Mobil listrik rata-rata memiliki baterai yang dapat diisi ulang hingga sekitar 1.000 kali pengisian daya penuh. Namun, setiap tahun umumnya usia baterai akan berkurang meskipun tetap dapat digunakan.

Baterai mobil listrik yang telah mencapai 1.000 kali pengisian daya penuh biasanya juga mengalami penurunan kinerja hingga 40% dan tidak lagi optimal.

Nah dengan usia baterai mobil listrik ini, maka saangat diuntungkan adanya program garansi baterai mobil listrik ini.

Komentar