Senin, 26 Februari 2024

Korlantas Usul Mobil Patroli Polisi Diganti Mobil Listrik

Ali Muntoha
Senin, 11 September 2023 20:53:00
Mobil listrik yang digunakan untuk mobil patroli polisi lalu lintas tengah diisi daya. (Istimewa/Humas Polri)

Murianews, Jakarta – Tren penggunaan kendaraan listrik kini semakin luas. Bahkan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengusulkan agar mobil patroli untuk anggota polisi lalu lintas diganti menggunakan mobil listrik.

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, usulan penggunaan mobil listrik untuk kendaraan patroli ini sebagai salah satu upaya untuk mendukung pengurangan polusi udara.

Kendati demikian menurut dia, realisasi pembelian mobil listrik untuk mobil patroli polisi itu akan tergantung dengan anggaran yang tersedia.

”Kita merencanakan nanti kendaraan staf kita memakai mobil listrik. Tapi nanti tergantung anggaran yang akan tersedia berapa, tapi yang pasti dukungan terhadap udara yang bersih, go green yang selama ini kita ini harus dimulai dari kita pemerintah,” katanya dikutip Murianews.com dari laman Humas Polri, pada Senin (11/9/2023).

Ia menegaskan, usulan mobil patroli menggunakan mobil listrik tersebut sejalan dengan komitmen Pemerintah dan pimpiman terkait pengalihan kendaraan berbahan bakar fosil menjadi listrik.

“Betul, jadi selaku bagian dari pemerintah, imbauan-imbauan dari bapak pimpinan kemarin sudah dijelaskan dari forum-forum kita rapat rapat, selain konversi kendaraan-kendaraan berbahan bakar fosil ke listrik,” ujarnya.

Untuk tahun ini, pihaknya telah mengusulkan pengadaan kendaraan berbahan listrik untuk motor patroli.

“Kita sudah mulai menggunakan listrik selain kemarin kita mendapat bantuan dari Setneg pada saat G20 tapi untuk pengadaan pengadaan ke depan kita sudah mulai mengkombinasikan pengadaan yang berbahan bakar biasa dan listrik,” ucapnya.

Kakorlantas menekankan, soal dengan pengadaan kendaraan listrik untuk patroli tersebut masih akan melihat anggaran negara.

“Betul karena ini kan masih baru kendaraannya dan saya yakin ini tidak murah jadi tergantung keuangan negara, jadi kita berkomitmen bahwa pemgadaan ke depan akan kita kombinasikan jadi tidak hanya kendaraan berbahan bakar fosil saja,” pungkasnya.

Komentar